Sambang Dulur PP3 Blitar

No comment 112 views

HMJ PLB FIP UM mengadakan kegiatan “Sambang Dulur” yang dilakukan di Kampus 3 Universitas Negeri Malang, Blitar. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 23 Maret 2018, dimulai sekitar pukul 16.00 WIB. Dalam kegiatan sambang dulur ini  berisikan tentang Pelatihan Bahasa Isyarat dan Braille yang diikuti oleh kurang lebih 30 mahasiswa/i prodi PGSD yang  berada di kampus 3 Universitas Negeri Malang, Blitar. Pelatihan ini dilakukan dengan pengajaran 2 sesi. Sesi pertama sekitar 30 menit untuk pelatihan bahasa isyarat dimulai dari pengenalan isyarat abjad, angka, kata dasar, dan kata hubung.  Kemudian sesi kedua dilanjutkan belajar Braille dengan  pengenalan alat untuk menulis Braille yang terdiri dari Riglet dan Stilus, cara menulis yang benar, lalu dilanjut dengan pengenalan huruf abjad Braille, angka dan menulis kalimat singkat. Kegiatan ini tidak hanya selesai pukul 17.00 WIB, setelah ishoma pukul 18.30 WIB kegiatan ini dilanjutkan lagi  dengan review apa saja yang sudah diajarkan, kemudian juga belajar isyarat lagu “Indonesia Raya”. Pelatihan Bahasa Isyarat ini berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

“Alhamdullilah dengan adanya kunjungan HMJ PLB sangat membantu kita yang sebelumnya tidak tahu, menjadi tahu selain itu saya senang mendapatkan ilmu baru” ujar Kristina Adeliya salah satu mahasiswi PGSD yang mengikuti pelatihan bahasa isyarat dan Braille.

Sambutan dari KKM 3 sangat ramah dan sangat senang ketika pelatihan ini berlangsung. Dari HMJ PLB sendiri sangat senang bisa berkunjung ke kampus 3 Universitas Negeri Malang dengan berbagi ilmu yang bermanfaat. Selain di kampus 3, HMJ PLB juga melakukan Pelatihan Bahasa Isyarat di kampus 2, Sawojajar dan di kampus pusat sendiri.

Suasana pelatihan Braille

Foto bersama KKM 3

Suasana pelatihan bahasa isyarat

author
Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
No Response

Leave a reply "Sambang Dulur PP3 Blitar"