LDKM (Latihan Dasar Kepemimpinan) Mahasiswa Baru PLB 2018

LDKM (Latihan Dasar Kepemimpinan) yang dilakukan pada bulan September in telah terlaksana . Kegiatan yang mengusung tema "Menjadi Generasi Milineal yang Aktif, Kritis, dan Berjiwa Pemimpin" ini utamanya ditujukan guna menyambut mahasiswa baru Pendidikan Luar Biasa supaya mereka lebih mengenal jurusan PLB. Kegiatan ini terbagi atas 3 rangkaian kegiatan yaitu :

1. Seminar Character Building pada tanggal 18 September 2018. Kegiatan ini merupakan awal di mulainya LDKM atau ospek jurusan 2018. Dalam acara ini kami mendatangkan pemateri yang berasal dari dosen PLB yang mengisi materi tentang ke-PLB an, wakil BEM FIP 2018, Mawapres UM 2018 serta bekerjasama dengan UKM GERMAN UM.

2. Goes To SLB atau yang lebih dikenal dengan GTS yang dilaksanakan pada 27 September 2018. Merupakan kegiatan kunjungan ke salah satu SLB di daerah Malang yang telah menjadi SLB Pembina di tingkat nasional, yaitu SLB Negeri Pembina TK Nasional Lawang Bagian C (Tunagrahita). Nah di kegiatan inilah mahasiswa baru PLB 2018 mengetahui secara langsung bagaimana proses pembelajaran di SLB. Apa saja yang dilakukan mahasiswa baru selama disana ? Terdapat 2 kegiatan yang mereka ikuti, yakni yang pertama kunjungan kelas yang terbagi menjadi 13 ketrampilan, (vokasi) seperti ketrampilan sablon, tata busana, tata boga, pertukangan kayu, dan masih banyak lagi. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan seminar di dalam ruangan yang dipandu oleh kepala sekolah SLB seputar keadaan sekolah serta siswa yang ada disana.

3. Rangkaian kegiatan yang terakhir dan merupakan puncak dari LDKM, yaitu POST CAMP (Possitive Character Camp) berlokasi di daerah Dau, Malang selama dua hari, yaitu pada tanggal 29-30 September 2018. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan disana, mulai dari materi organisasi serta materi kepemimpinan. Dilanjutkan dengan management konflik, yakni dua kubu saling adu argumen tentang "Lebih penting mana Hard Skill atau Soft Skill". Disini mereka saling berebut untuk memperkuat argumen dari kubu nya masing-masing. Menjelang malam hari, ada kegiatan unjuk seni dari setiap pleton, disitu kita seru seru an abis. Kemudian dini hari dibangunkan untuk jelajah malam dan renungan malam. Hingga pagi harinya senam pagi, games pencarian jati diri, outbond hingga ditutup dengan membuat formasi paper mob serta foto bareng seluruh warga PLB. Dan tentunya semua kegiatan diikuti dengan antusias oleh maba.

 

 

gambar 1.2 saat kunjungan SLB Lawang

gambar 1.2 foto bersama di SLB Lawang

gambar 1.3 Upacara pembukaan Post Camp LDKM

 

Kami berharap mahasiswa baru PLB benar-benar mendapatkan manfaat dari kegiatan ini serta dapat direalisasikan di lingkungan kampus maupun sekitar.

author
Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
No Response

Leave a reply "LDKM (Latihan Dasar Kepemimpinan) Mahasiswa Baru PLB 2018"