Divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa  HMJ PLB UM 2019 dengan bangga menggelar agenda “Mari Bercakap” di ruang ormawa FIP UM, pada hari Selasa (30/4). Agenda berupa talkshow ini mengusung topik pembahasan “Sudahkah kampus kita inklusi?”, dengan tujuan memperluas wawasan teman-teman tentang inklusi dan untuk  mengetahui apakah kampus um kita ini sudah ramah disabilitas.

Narasumber yang dihadirkan pada agenda kali ini adalah Tri Febri Khoirun Nidhom atau yang biasa disapa dengan Mas Irul. Beliau sekarang menjabat sebagai ketua umum Dewan Pengurus Cabang Persatuan Tunanetra Indonesia Kabupaten Lamongan (DPC PERTUNI Kab. Lamongan). Dan pemateri kedua adalah Suraji, yang kerap disapa Mas Aji, Dewan Mahasiswa FIP 2018.

Agenda kali ini diikuti oleh puluhan mahasiswa Universitas Negeri Malang khususnya mahasiswa Pendidikan Luar Biasa, dan dihadiri pula oleh beberapa mahasiswa dari jurusan lain. Para peserta sangat antusias dan aktif dalam mengikuti jalannnya acara ini.

Diskusi ini berhasil memantik nalar kritis para mahasiswa tentang keberadaan mahasiswa disabilitas di kampus UM sekaligus tentang hak-hak mahasiswa yang belum dipenuhi oleh kampus. Sebagai tindak lanjut dari diskusi ini, mahasiswa dari jurusan PLB menyampaikan aspirasinya berkaitan tentang topik yang sama –inklusi dan hak-hak mahasiswa disabilitas– dalam aksi peringatan Hari Pendidikan Nasional keesokan harinya di depan Gedung Rektorat UM.


Dokumentasi Kegiatan:

    

   

    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *