Malang, HMJ PLB UM Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) menyelenggarakan OSKM (Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa) yang didalamnya terdapat serangkaian kegiatan yaitu Seminar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), GTS (Go To School), SPENDAY (specia education day), dan penghujung acara BATAVIA. Serangkaian acara ini bertemakan “Membentuk Mahasiswa Berwawasan Inklusif, Peduli Sesama dan Bertanggung Jawab” yang telah terselenggara pada pertengahan bulan pada September hingga Oktober 2019 ini merupakan salah satu Program Kerja (PROKER) dari divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM).

Seminar PKM merupakan rangkaian pertama dari kegiatan Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang. Dengan diadakannya kegiatan Seminar PKM ini bertujuan dapat membentuk mahasiswa baru 2019 Berwawasan Inklusif, Peduli Sesama, dan Bertanggung Jawab dan juga lebih mengenal apa itu pkm. Selain itu mahasiswa baru 2019 Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Malang dapat lebih mengenal mengenai jurusan pendidikan luar Biasa. Sebagai mahasiswa kita dituntut untuk menjadi pribadi yang inklusif, terlebih kita merupakan mahasiswa dari jurusan yang sangat dekat dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Inklusif disini maksudnya kita sama-sama makhluk Tuhan bisa menghargai antar sesama manusia, membentuk pribadi yang tidak membeda-bedakan satu sama lain. Selain Inklusif mahasiswa juga harus Peduli terhadapa sesama dan Bertanggung jawab, di dalam Seminar PKM ini akan dijelaskan kiat – kiat menjadi mahasiswa yang berprestasi sekaligus membentuk mahasiswa yang Inklusif, Peduli sesama,dan Bertanggung Jawab dari berbagai situasi dan sudut pandang. Selain itu akan dijelaskan bagaimana menjadi mahasiswa yang dapat berjiwa dalam kepemimpinan. Dengan tema Membentuk Mahasiswa Berwawasan Inklusif,Peduli Sesama, dan Bertanggung Jawab diharapkan baik HMJ PLB maupun mahasiswa baru dapat mengupgreadingkan potensi yang ada dalam diri mereka masing – masing. Maka generasi milinial akan lebih tangguh dalam memprotek diri dari arus globalisasi dan membangun jiwa yang lebih bermanfaat baik unuk diri sendiri maupun orang lain. Adapun kegiatan Seminar PKM ini akan diadakan didalam ruang dan mengundang pembicara yang berkompeten. Dalam Pendidikan Luar Biasa mahasiswa harus mengerti mengenal istilah Disabilitas. Dengan begitu ketika mereka terjun di sekolah maupun lingkungan dapat memahami dan mengerti bagaimana sikap yang harus dilakukan ketika bersama disabilitas.

Pemateri yang di datangkan dalam seminar PKM kali ini merupakan Bapak Abdul Huda selaku Sekretaris Jurusan Pendidikan Luar Biasa, beliau menyampaikan materi mengenai kePLB-an. Dilanjutkan oleh Bapak Sopingi selaku Tim Seleksi PKM Nasional yang membahas mengenai tatacara penyusunan PKM, ditemani oleh tim PKM-P yang lolos dan memenangkan mendali emas dalam kategori presentasi dalam PIMNAS ke 32 yang diselenggarakan di Bali.   Dalam seminar ini juga mendatangkan mahasiswa-mahasiswa PLB yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik yaitu Nurlaili bersama dengan Hegar Alamsyah, yang berbagi pengalaman dan juga cerita yang diharapkan dapat memotivasi mahasiswa baru untuk berprestasi setinggi mungkin.

Seminar PKM yang dilaksanakan di Aula Gedung E1 FIP UM, mulai pukul 07.00-14.00 WIB telah diikuti oleh ratusan mahasiswa PLB. Seminar diawali dengan penyambutan-penyambutan, kemudian dilanjutkan oleh pemateri yang menyampaikan wawasan, pengalaman, serta materinya. Diimbangi dengan feedback dan pertanyaan dari para audience, serta tidak lupa ice breaking yang di isi hiburan telah disiapkan oleh panitia. Rangkaian acara dalam Seminar PKM  telah berjalan dengan baik dan lancar.

Para peserta seminar mengapresiasi penyelenggaraan Seminar PKM ini, sekaligus sebagai motivasi untuk menambah pengetahuan dalam menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi serta tatacara penyusunan PKM.

Goes To School atau yang lebih dikenal dengan GTS yang dilaksanakan pada 30 September 2019. Merupakan kegiatan kunjungan ke salah satu SLB di daerah Malang, yaitu SLB Negeri 1 Batu. Nah di kegiatan inilah mahasiswa baru PLB 2019 dapat terjun langsung dan mengetahui secara langsung bagaimana proses pembelajaran di SLB dengan cara mendatangi kelas kelas yant ada di sekolah, selain itu selama di SLBN 1 Batu mahasiswa baru juga disuguhkan dengan penampilan menyanyi dan menari dari  adik adik luar biasa.

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah SPENDAY (Special Education Day) berlokasi di daerah Dau, Malang selama dua hari, yaitu pada tanggal 5-6 Oktober 2019. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan disana, mulai dari materi organisasi serta materi kepemimpinan. Menjelang malam hari, ada penampilan dari setiap pleton, disitu kita seru seru an abis. Kemudian dini hari dibangunkan untuk jelajah malam dan renungan malam. Hingga pagi harinya senam pagi, games memasak antar peleton yang di jurii oleh dosen dosen, outbond hingga ditutup dengan foto bersama seluruh warga PLB. Dan tentunya semua kegiatan diikuti dengan antusias oleh mahasiswa baru.

Rangkaian terakhir dan merupakan puncak dari OSKM adalah Batavia, Batavia adalah malam keadkraban bagi seluruh keluarga jurusan Pendidikan Luar Biasa mulai dari dosen, mahasiswa angkatan 2016-2019. Kamis, 17 Oktober 2019 bertempat di gedung Sasana Krida Batavia 2019 terlaksana sangat meriah. Dibuka oleh Prof. Dr. Mohammad Effendi M.Pd, M.kes selaku kepala Jurusan Pendidikan Luar biasa, kemudian dimeriahkan oleh penampilan dari setiap offering angkatan. Selain pnampilan dari setiap angkatan, batavia juga menampilkan Westin Dance, Speedband dan juga penampilan dari dosen.

Dengan adanya Batavia ini, diharapkan civitas akademika Pendidikan Luar Biasa saling mengetahui atau mengenal satu sama lainnya, dan juga agar mengeratkan rasa kekeluargaan diantara sesama. Melalui batavia diharapkan juga bisa mengetahui potensi-potensi non akademik khususnya seni di jurusan kita tercinta ini.

Demikian serangkaian acara OSKM (Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa) bagi mahasiswa baru, diharapkan kegiatan ini mendapatkan kesan positif bagi seluruh peserta yang mengikutinya.

Foto Kegiatan:

   

  

   

   

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *