Salah satu agenda Divisi Humas HMJ PLB 2019 adalah Pelatihan Isyarat Dan Braille di Kampus 3 UM, Blitar. Pelatihan ini adalah salah satu bentuk upaya para pengurus HMJ PLB untuk menyebarkan ilmu bahasa isyarat dan braille kepada teman-teman mahasiswa jurusan KSDP di Kampus 3 UM. Pelatihan ini dilaksanakan pada Minggu, 3 November dan diikuti oleh banyak mahasiswa yang mayoritas adalah mahasiswa baru, yaitu mahasiswa KSDP angkatan 2019. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Ketua HMJ PLB 2019, Muhammad Bagus H. dan Ketua KKM3, Rizky Pratama A. R. Sebelum kegiatan pelatihan ini dimulai, beberapa pengurus HMJ PLB 2019 menampilkan penampilan lagu isyarat yang mendapat sambutan hangat dari para peserta.

Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, dengan masing-masing kelompok dibimbing oleh tiga orang mentor yang merupakan pengurus HMJ PLB. Pelatihan dimulai dari penyampaian materi braille, yang terdiri atas pengenalan huruf, angka, sekaligus praktik langsung cara menulis braille menggunakan stilus dan reglet. Setelah pelatihan braille, disusul pelatihan isyarat. Materi yang disampaikan antara lain isyarat huruf, perkenalan, dan lagu Indonesia Raya dalam SIBI. Peserta sangat antusias selama pelatihan berlangsung dan aktif bertanya.

Setelah kurang lebih satu jam pelatihan berlangsung, pelatihan disudahi dengan masing-masing kelompok menunjuk satu perwakilan untuk maju ke depan. Para peserta yang maju ke depan ini mempraktikkan lagu Indonesia Raya dengan isyarat yang telah dipelajari. Penampilan dari peserta inilah yang kemudian mengakhiri pelatihan isyarat dan braille di Kampus 3 UM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *