Ditengah-tengah maraknya pandemik covid-19 ini, yang mengharuskan seluruh masyarakat harus melaksanakan segala aktivitasnya entah itu bekerja, kuliah, maupun sekolah #dirumahsaja. Maka HMJ PLB FIP UM mengadakan sebuah challenge yang mana merupakan salah satu agenda dari Divisi Minat Bakat yaitu pelatihan bahasa isyarat yang sengaja di cover menjadi sebuah challenge SIBI mengcover sebuah lagu yang berjudul “Demi Raga yang Lain”. Pada tanggal 8-20 April 2020 untuk renggang penguploadan dan pengumuman pemenang tanggal 25 April 2020 yang dilaksanakan secara online dengan cara menguplod video cover lagu di instagram dengan bahasa isyarat SIBI. Yang dimulai dengan pemberitahuan sebuah pamflet yang tersebar di setiap akun media sosial pengurus HMJ PLB FIP UM . Sasaran dari agenda ini adalah seluruh mahasiswa di Indonesia.

Agenda ini diikuti kurang lebih 31 peserta yang merupakan mahasiswa  dari berbagai Universitas di Indonesia. Dan dengan renggang 12 hari untuk masa penguploadan Challenge tersebut, yang akhirnya juri dari pengurus HMJ PLB FIP UM mengumumkan pemenangnya pada Tanggal 25 April 2020. Dengan juara 1 diraih oleh Diajeng, juara 2 Silvita, dan juara favorit yang paling banyak memperoleh like di akun sosial medianya diraih oleh Qanaiya. Pemenang dari Challenge SIBI ini mendapat hadiah sebuah uang  yang akan ditransfer ke rekening setiap pemenang. Tujuan dari agenda Challenge cover lagu dengan bahasa isyarat SIBI ini adalah mengasah pengetahuan mahasiswa Indonesia mengenai bahasa Isyarat SIBI ditengah kesibukan kegiatan #dirumahsaja. Dan sebagai pengganti pelatihan bahasa isyarat yang seharusnya dilaksanakan di kampus tercinta Universitas Negeri Malang dengan Mahasiswa PLB FIP UM. Dikarenakan terhalang waktu dan situasi pandemik Covid-19 maka salah satu divisi HMJ PLB FIP UM yaitu divisi Minat Bakat memanfaatkan waktu dengan mengadakan Challenge SIBI ini secara online dan berjalan lancar.

Semoga kami selalu bisa memberi ide untuk mengatasi kejenuhan kita di tengah pandemik covid-19 ini dengan berbagai kreativitas dari pengurus HMJ PLB FIP UM 2020.

Salam hangat, Semoga bumi lekas pulih, dan kita segera bertemu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *